fbpx
IMG 1611 Kids Corner, Lifestyle

Manfaat Mainan Kayu

Banyak orang lebih memilih memiliki mainan anak dari plastik ataupun bahan buatan lainnya. Mengapa? Salah satu faktornya ialah karena harganya yang relatif lebih terjangkau. Ini bisa kita lihat dari toko mainan yang lebih banyak menjual jenis mainan berbahan plastik. Untuk itu, Maurilla Imron menyebutkan tidak heran apabila di masyarakat muncul kebiasaan throwaway culture: sudah bosan atau rusak, dengan entengnya, membuang mainan.

Kebiasaan itu tentu kurang baik bagi kita yang akan menjalani gaya hidup minimalis di tengah keluarga dan bagaimana mendidik anak. Oleh karena itu, Maurilla menganjurkan bagi orang tua yang ingin menerapkan gaya hidup minimalis di tengah keluarga sebaiknya mengajarkan anaknya untuk menggunakan mainan kayu daripada plastik.

Mengapa? Setidaknya ada tiga nilai manfaat dari mainan kayu ini.

1 Touch of Nature

Salah satu poin terpenting dari mainan berbahan kayu adalah alami atau hasil dari alam. Ini bukan buatan manusia. Dengan begitu, bagi orang tua, mainan kayu bisa mengajarkan pada anak untuk lebih dekat dengan alam. Selain itu, mainan kayu sendiri dinilai lebih sustainable. Mengapa? Karena jenis mainan ini tidak akan menciptakan sampah.

2 High Value

Ciri penting lainnya dari mainan berbahan kayu adalah nilainya yang tinggi. Baik dari sisi harga ataupun artistik. Dalam konteks ini, nilai mainan kayu lebih tinggi harganya dibandingkan plastik. Tingginya nilai mainan kayu barangkali disebabkan oleh material source-nya yang terbatas. Tetapi, ada pembelajaran pentingnya, karena nilai yang tinggi itu bisa membuat anak untuk menjaga secara ekstra mainannya.

3 More Artistic

Dibandingkan jenis bahan lain, mainan kayu tampil lebih alami, klasik dan artsy. Mengapa lebih artistik? Bila kita lihat barang kerajinan mainan dari kayu, mayoritas terlihat lebih indah karena ciptaan handmade. Dengan nilai yang lebih indah ini, kita juga akan mengajarkan pada anak tentang apresiasi terhadap mainan kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *