fbpx
Meja Belajar Anak dari Kayu Furniture, Lifestyle

Meja Belajar Anak dari Kayu, Furniture yang Tepat untuk Menemani Belajar dari Rumah

Ketika anak harus belajar dari rumah (learning from home), meja belajar anak dari kayu bisa menjadi solusi teman belajar bagi buah hati.

Ya, salah satu furniture yang penting ada di rumah saat ini adalah meja belajar anak untuk mendukung learning from home. Ketika harus rutin belajar di rumah dan agar anak tetap bisa fokus belajar, perlu didukung meja belajar yang nyaman. Meja belajar anak yang terbuat dari material kayu bisa menjadi pilihan para orang tua.

Umpamanya, meja belajar anak dari kayu yang dapat jadi pilihan orang tua adalah meja belajar lipat. Mengapa? Kebiasaan anak yang suka belajar sambil bermain, seringkali membuat mereka lebih suka belajar dengan duduk di lantai. Untuk itu, agar anak bisa belajar sambil bermain, kita perlu menyiapkan meja belajar lipat di rumah. Selain itu, furniture yang terbuat dari kayu solid dinilai membuat anak merasa lebih nyaman dan aman, sehingga bisa meningkatkan konsentrasi.

Mengapa Meja Belajar Anak dari Kayu?

Barangkali muncul pertanyaan, mengapa anak harus difasilitasi oleh meja belajar dari kayu? Menurut hemat kami, meja belajar yang baik untuk pembelajaran karakter pada anak sebaiknya berbahan kayu. Menurut salah satu pengamat gaya hidup nirsampah (zero waste) Muriel Imron bahwa peralatan atau mainan yang bagus untuk adalah berbahan kayu. Termasuk di dalamnya adalah meja belajar anak dari kayu. Mengapa?

Pertama, peralatan seperti meja belajar anak dan mainan berbahan kayu itu bagus untuk untuk pendidikan rasa kepedulian mereka terhadap alam (touch of nature). Ketika anak tahu tentang apa yang digunakan berasal dari kayu, ini diharapkan mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Peralatan yang berbahan kayu itu dapat didaur ulang (recyclable), sehingga relatif ramah lingkungan. Anak dapat diajarkan tentang pentingnya menggunakan barang yang bisa didaur ulang sehingga bisa menggerakkan circular economy. Beda dengan meja dari berbahan material lain seperti besi, plastik ataupun fiber. Meskipun bisa menggerakkan circular economy, tetapi bahan-bahan itu relatif kurang ramah terhadap lingkungan karena membutuhkan effort lebih besar.

Kedua, mengapa kita harus menggunakan meja belajar anak dari kayu adalah karena peralatan/mainan berbahan kayu memiliki nilai yang tinggi (high value). Baik dari sisi harga ataupun artistik. Dalam konteks ini, nilai perabotan/mainan kayu lebih tinggi harganya dibandingkan plastik. Tingginya nilai peralatan/mainan kayu ini barangkali disebabkan oleh material source-nya yang terbatas. Tetapi, ada pembelajaran pentingnya, karena nilai yang tinggi itu bisa membuat anak untuk menjaga secara ekstra meja belajar mereka.

Ketiga, dibandingkan jenis bahan lain, meja belajar anak dari kayu tampil lebih alami, klasik dan artsy. Mengapa lebih artistik? Bila kita lihat barang kerajinan mainan dari kayu, mayoritas terlihat lebih indah karena ciptaan handmade. Dengan nilai yang lebih indah ini, kita juga akan mengajarkan pada mereka tentang apresiasi terhadap meja belajar anak dari kayu.

Meja Belajar Kayu dari Uwitan

Uwitan sendiri memiliki produk meja belajar anak dari kayu bernama Meja Lipat Mini. Meja ini cocok digunakan sebagai meja belajar lipat untuk anak. Material utama meja ini adalah kayu Mahoni. Ada tiga keunggulan produk dari produk Meja Lipat Mini ini yaitu ringan (portable), dapat dilipat (foldable) dan ruang yang cukup untuk menampung kebutuhan anak di atas meja (table space).

Keunggulan pertama Meja Lipat Mini Uwitan adalah produknya yang ringan. Material utama meja ini adalah kayu Mahoni. Furniture yang diproduksi dari kayu jenis ini relatif ringan. Cocok untuk meja belajar anak, terlebih materialnya dari kayu. Why? Bagi anak, apapun seringkali menjadi objek mainan untuk dipindah-pindahkan, tak terkecuali meja belajar itu sendiri. Dengan material kayu, maka ini relatif aman bagi anak.

Kedua, keunggulan meja belajar anak dari kayu ini adalah bisa dilipat (foldable). Ketika jam belajar telah selesai, anak bisa dapat diajarkan untuk melipatnya sendiri dan disimpan rapi. Sebaliknya, saat harus belajar, anak bisa menggelarnya secara mandiri. Selain itu, karena bisa dilipat, para orang tua juga bisa menyimpannya secara rapi.

Ketiga, ukurannya yang minimalis, tetapi powerful, Meja Lipat Mini ini relatif cocok untuk kegiatan belajar anak dari balita hingga usia SD. Dengan ukuran dimensi 47 × 32 × 4 cm, meja ini bisa menampung laptop ±15 inci dan menyimpan buku ataupun smartphone holder untuk belajar daring. Dengan demikian, meja belajar anak dari kayu ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Selain Meja Lipat, 3 Aksesoris Ini Bisa Menambah Kenyamanan Belajar Anak

Agar kegiatan belajar dan bermainnya nyaman, kami juga punya beberapa rekomendasi produk yang pas sebagai teman Meja Lipat Mini. Diantaranya adalah Standing HP Natural untuk virtual learning, Elephant Pen Holder untuk menyimpan alat tulis secara rapi dan selimut yang dapat dijadikan alas lantai (blanket). Kecuali blanket, semua peralatan untuk mendukung kegiatan belajar anak itu bermaterialkan kayu.

#1 Virtual Learning & Standing HP New

Ketika kegiatan belajar anak kerap diwarnai virtual learning, mereka membutuhkan dudukan HP agar bisa nyaman menyaksikan penjelasan gurunya. Standing HP Natural Uwitan sangat cocok untuk menemani sang anak dalam virtual learning. Ketika waktu belajar, dudukan HP ini bisa diletakkan di atas meja belajar anak dari kayu.

Copy of IMG 7448 1 Furniture, Lifestyle
Standing HP Natural

#2 Belajar Rapi dengan Elephant Pen Holder

Selain belajar secara kognitif, anak juga dapat diajarkan materi non-kognitif. Salah satunya menjaga kerapihan di atas meja belajar anak dari kayu. Sebagai mini desk organizer, Elephant Pen Holder sangat cocok untuk mengajarkan pada anak tentang pentingnya menjaga kerapihan di meja belajar anak. Bentuknya yang lucu, Elephant Pen Holder juga akan disukai oleh anak-anak.

DSCF1742 scaled Furniture, Lifestyle
Elephant Pen Holder

#3 Uwitan Boho Blanket Series

Saat belajar dengan duduk lesehan di lantai bersama meja belajar anak dari kayu, maka salah satu usaha yang bisa dilakukan orang tua adalah menyediakan alas duduk yang nyaman untuk mereka. Uwitan Boho Blanket Series merupakan selimut dengan motif unik yang bisa kamu gunakan untuk alas belajar anak ketika duduk lesehan.

IMG 1879 scaled Furniture, Lifestyle
Uwitan Boho Blanket Rhombus Black

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *