DSC03464 Furniture

Memaksimalkan Ruang dengan Teknik Konmari Fold

Siapa disini yang tahu atau bahkan mengikuti Marie Kondo? Yang mengikuti Marie Kondo pasti paham banget gimana cara memaksimalkan ruangan khususnya dalam hal menata baju. Bagi kamu yang masih asing tentang Marie Kondo, ia adalah seorang wanita asal Jepang yang mengembangkan trend tidying up atau merapikan baju yang populer dengan sebutan KonMari Fold. KonMari sendiri merupakan nama panggilan dari Marie Kondo si pioneer teknik KonMari Fold. Teknik KonMari Fold adalah merapikan baju dengan teknik rolling up atau menggulung dan penyusunan berdasarkan warna. Teknik ini bertujuan agar tidak ada garis bekas lipatan pada baju dan menjadikan lemari lebih muat banyak untuk orang-orang yang sering membeli baju tapi kekurangan space untuk menata baju. Selain dari segi efisiensi, estetika dalam KonMari Fold sangat diperhatikan. Teknik KonMari Fold memang lebih direkomendasikan menggunakan drawer karena menyangkut segi estetika, efisiensi dan teknik urutan warna yang perlu perhatian khusus. 

Akhir akhir ini drawer atau laci menjadi pilihan alternative dalam hal menyimpan pakaian, karena biasanya drawer tidak setinggi lemari dan lebih tidak makan space dalam ruangan. Drawer juga sangat mendukung untuk teknik KonMari fold karena terdapat banyak ruang di drawer. Berikut beberapa rekomendasi lemari dan drawer ala uwitan untuk menunjang kamu dalam mempraktikkan teknik KonMari Fold.

#1 Alana Cabinet Series

Furniture kayu cabinet series Alana ini memiliki laci besar, sangat direkomendasikan untuk menyiman baju dalam jumlah banyak, misal untuk pasangan yang sudah punya hunian tapi lahan yang dimiliki relatif kecil, tapi ingin ruangan tetap terasa lega, furniture jenis ini bisa jadi pilihan. Alana Cabinet menyediakan laci dengan ruang yang cukup besar. Kabinet ini bisa sebagai solusi dalam hal menyimpan baju namun tidak terlalu memakan tempat dalam ruangan rumah. Selain itu, ornamen pendukung untuk dekorasi ruangan.

#4 Harumi Wardrobe

DSC02309 Furniture
Harumai Wardrobe + Drawer

Cabinet seri Harumi ini berukuran relatif kecil. Cabinet ini sangat direkomendasikan untuk lemari anak karena ukuran yang kecil. Harumi Cabinet punya beberapa sekat yang bisa menunjang untuk teknik KonMari Fold. Untuk teknik KonMari Fold di Harumi Cabinet ini bisa menggunakan teknik tumpuk untuk memudahkan dalam menyusun berdasarkan warna dan jenis pakaian yang akan disimpan. Rattan Basket juga bisa digunakan di cabinet ini untuk menyimpan pakaian dengan ukuran yang kecil. Untuk kamar anak, Rattan Basket bisa digunakan untuk menyimpan pakaian yang lebih tebal seperti piyama anak dan baju hangat anak, Rattan Basket bisa diletakkan diatas  cabinet Harumi.

#5 Econo Wardrobe

Econo Wardrobe
Econo Wardrobe

Di seri Econo Wardrobe, cabinet ini dilengkapi dengan dua jenis sekat, yang pertama sekat panjang, yang kedua sekat kecil berupa separasi sekat panjang. Untuk sekat panjang bisa digunakan untuk menyimpan dress panjang dan diurutkan berdasarkan warna sesuai teknik KonMari Fold. Untuk separasi kecil disamping ruang yang panjang bisa dijadikan space untuk KonMari Fold. Teknik KonMari Fold di cabinet ini juga menggunakan teknik tumpuk untuk memudahkan pemilahan warna. Penggunaan Rattan Basket juga diperlukan untuk memisahkan pakaian yang berukuran kecil supaya tidak terselip. Rattan Basket juga bisa digunakan untuk tempat penyimpanan perhiasan dan aksesoris supaya kita dengan mudah menemukannya. Selain di dalam cabinet, Rattan Basket juga bisa diletakkan di atas cabinet untuk penyimpanan tambahan dan juga untuk menambah segi estetika di cabinet dan ruangan. Cabinet ini sudah dilengkapi dengan cermin full body yang bisa digunakan untuk OOTD atau outfit of the day. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *