IMG 9966 Artikel, Furniture, Lifestyle

Merayakan Natal 2020 di Rumah tetap Bermakna

Merayakan Natal 2020 di Rumah tetap Bermakna – Sudah masuk bulan Desember nih, lagu Jingle Bells dan All I Want for Christmas is You sudah disetel dimana-mana. Karena seperti yang kita tahu kalau bulan Desember adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Karena pada bulan Desember, tepatnya tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran Yesus Kristus atau biasa dikenal sebagai Hari Raya Natal. Umat Kristiani di seluruh dunia menyambut dan merayakan Natal 2020 dengan sukacita.

Merayakan Natal 2020 di Rumah

Ada banyak cara untuk merayakan Natal di masing-masing Negara. Tapi yang paling khas dalam merayakan Natal 2020 adalah berkumpul bersama keluarga ditemani dengan berbagai hidangan dan hadiah. Hadiah adalah sesuatu yang paling ditunggu oleh anak-anak, biasanya hadiah di hari Natal berisi barang yang sudah mereka idamkan selama setahun ke orang  tua mereka.

Hadiah Natal identik dengan seorang pria tua berjenggot panjang seputih salju dan mengendarai kereta yang ditarik dengan kawanan rusa, ia membawa kantong besar yang berisi banyak hadiah untuk anak-anak, pria tua itu dikenal dengan nama Santa Claus. Santa Claus masih dipercaya sampai sekarang oleh anak-anak sebagai godfather mereka yang memberikan hadiah saat Natal yang datang di malam hari saat anak-anak sedang tertidur. Hingga di pagi hari tanggal 25 Desember, di bawah pohon Natal sudah penuh dengan tumpukan hadiah untuk mereka. Momen istimewa saat merayakan Natal 2020 biasanya diisi dengan berbagai kegiatan antara lain

1. Memorable Bonding Time

Ketika seluruh anggota keluarga merayakan Natal 2020, mereka akan berkumpul di dalam rumah dan bersenda gurau dan mengobrol. Bahkan tidak sedikit yang mengadakan pertunjukkan yang diisi penampilan anak-anak. Tingkah anak-anak yang menggemaskan membuat Natal terasa lebih hangat. Karena hampir seluruh belahan dunia merayakan hari raya Natal, industri perfilm an tidak mau ketinggalan untuk ikut andil dalam merayakan Natal.

Merayakan Natal 2020 di Rumah - Memorable Bonding Time
Merayakan Natal 2020 di Rumah – Memorable Bonding Time

Banyak film yang sengaja dibuat dan tayang hanya saat hari Natal, yap tentu saja rekomendasi film saat natal adalah Home Alone Series yang terdiri dari 4 sequel film. Keempat film ini menceritakan soal anak yang menuntaskan tindak kejahatan perampokan dan pencurian oleh kawanan penjahat. Film ini sangat menarik karena terdapat jebakan yang dipasang untuk menjebak penjahat yang bisa mengundang gelak tawa penonton. Meskipun film pertama sudah berumur 30 tahun, tapi animo masyarakat tentang film ini  masih sangat tinggi. Nggak sabar nih nunggu aksi Macaulay Culkin, Alex D. Linz, dan Mike Weinberg.

2. Memorable Meal Time

Merayakan Natal 2020 di Rumah Memorable Meal time
Merayakan Natal 2020 di Rumah – Memorable Mealtime

Kalau tadi kita bicara soal aktivitas yang dilakukan saat Natal, sekarang kita akan membicarakan makanan khas yang biasanya ada saat perayaan Natal. Karena Natal adalah saat berkumpul bersama keluarga, maka kita harus menghidangkan masakan spesial untuk mereka. Makanan spesial yang biasanya ada saat Natal adalah olahan babi. Ada babi guling, babi merah/charsiu, babi panggang, dan babi rica. Bahkan yang biasanya cuma memasak sedikit, saat Natal bisa memasak satu ekor babi utuh karena anggota keluarga yang bertambah.

3. Tali Kasih

Merayakan Natal 2020 di Rumah dengan tali kasih
Merayakan Natal 2020 di Rumah – Tali Kasih atau Bertukar Hadiah

Hal lain yang khas saat natal adalah bagi-bagi salam tempel. Salam tempel ini berupa uang yang diberikan ke sanak saudara terutama anak-anak. Hal yang memorable dari salam tempel adalah banyak-banyakan yang didapat. Nah biasanya nih, yang udah gede sih berkurang jatahnya, padahal kebutuhan makin banyak huhu pukpuk buat kalian yang diangap udah gede sama keluarga.

4. Ibadah Misa di masa pandemi

Tahun 2020 ini Natal memang agak berbeda karena bersamaan dengan pandemi yang tak kunjung usai. Kalau di Natal sebelumya umat Kristiani pergi ke gereja untuk ibadah misa Natal  dan ikut acara di gereja yang juga tak kalah seru. Tahun ini cuma bisa merayakan di rumah bersama keluarga saja. Di masa yang masih nggak jelas ini kita harus cermat dalam pengeluaran. Cash flow harus tercatat dengan detail supaya pengeluaran bisa terkontrol.

Nah menjelang Natal gini biasanya kamu akan tergoda untuk membeli pernak-pernik Natal kan, terutama beli pohon Natal baru dengan alasan yang lama sudah usang dan kotor karena disimpan di gudang. Belum lagi kamu tergoda buat beli krans Natal yang berupa karangan daun dibentuk bulat yang diletakkan di depan pintu rumah. Sebenarnya kita bisa lho mengakali pernak pernik Natal dengan furniture yang ada di rumah. Furniture yang kita punya bisa kita hias dengan lampu-lampu hias dan slinger yang akan mudah kita temui di pasaran atau kamu bisa memakai pernak-pernik tahun lalu.

5. Memanfaatkan Perabotan untuk Dekorasi Natal

Merayakan Natal 2020 di Rumah dengan Memanfaatkan Perabotan untuk Dekorasi Natal
Merayakan Natal 2020 di Rumah – Memanfaatkan Perabotan untuk Dekorasi Natal

Untuk dekorasi Natal dengan furniture yang pertama, kamu bisa memanfaatkan ambalan di rumah yang dihias dengan tumblr lamp dan pernak-pernik Natal seperti kaos kaki merah dan bola bola gantung. Di bagian atas ambalan kamu bisa meletakkan bintang seperti yang biasanya saat kamu memakai pohon Natal. Furniture selanjutnya yang bisa kamu hias menjadi dekorasi Natal adalah hanger. Hanger yang digunakan untuk dekorasi Natal adalah hanger yang berbentuk tangga dan hanger yang berbentuk ranting. Karena hanger ini punya beberapa space yang bisa digunakan untuk menggantung pernak pernik natal. Furniture ketiga yang bisa dipakai untuk dekorasi natal adalah cermin.

Tapi cermin yang bentuknya bulat ya!. Kenapa harus yang bulat? Karena cermin bulat akan digunakan sebagai pengganti krans (karangan daun bulat) yang biasanya dipajang di pintu rumah. Menghias cermin bulat untuk dijadikan krans tidaklah sulit. Kamu cukup membeli slinger yang sesuai dengan nuansa natal yaitu merah, hijau dan gold. Harga slinger relatif lebih murah daripada kamu beli daun yang asli atau imitasi. Untuk melengkapi aksen DIY krans Natal, kamu bisa menambahkan pita dengan warna nuansa natal juga yaitu hijau, merah dan gold.

Natal selalu identik dengan cahaya yang hangat, dulu orang-orang memakai lilin untuk penerangan saat Natal. Lilin menghadirkan cahaya kuning yang menimbulkan suasana kehangatan di ruangan. Demi menjaga suasana hangat yang ditimbulkan dari cahaya lilin, kamu bisa memakai lampu yang punya cahaya kuning. Jika kamu ingin memakai lilin, kamu bisa mendekorasi dengan slinger yang juga tadi kamu pakai untuk menghias cermin. Jadi kamu dan keluarga tetap bisa menikmati Natal yang berbeda tapi tetap seru dengan dekorasi DIY. Bahkan momen ini bisa menambah bonding keluarga melalui agenda mendekorasi rumah pra-Natal.

Kenapa kita merekomendasikan furniture sebagai dekorasi Natal? Karena seperti yang kita tahu kamau furniture adalah sesuatu yang sudah ada dirumah. Dengan menggunakan furniture kamu tidak hanya menghemat anggran untuk perayaan hari Natal berupa biaya membeli pohon Natal yang cukup menguras kantong. Kamu bisa menjadikan furniture sebagai substitusi dari pohon Natal yang relatif mahal. Furniture yang digunakan untuk dekorasi Natal juga masih akan digunakan dengan sebagaimana mestinya fungsi dari furniture tersebut. Ini adalah sebuah solusi dan jawaban dari kebingungan untuk hari Natal di masa pandemi ini. Jelas sangat win-win solution bukan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *