Furniture Kayu Pinus VS Jati Belanda Furniture

5 Perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda)

Ada beberapa #TemanUwitan yang bertanya, apa perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet. Tak jarang, ada yang suka membandingkan, di antara kedua jenis ini, mana yang lebih baik? Kami akan coba eksplorasi antara persamaan dan perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet.

Secara umum, furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda) memiliki kesamaan: berbahan kayu pinus. Bedanya, furnitur kayu palet berasal dari bekas kayu kemas logistik. Lalu, kayu pinus solid adalah hasil produksi alam yang didesain untuk membuat furnitur tertentu. Bedanya, furnitur kayu palet berasal dari kayu pinus luar negeri, dan kayu pinus solid umumnya ditanam di dalam negeri.

Kemudian, apa perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda)? Kedua jenis furnitur ini bisa kita cek perbedaannya berdasarkan definisi, kualitas, daya tahan, penampilannya dan harga. Masing-masing punya keunggulannya.

Definisi furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda)

Perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda) terlihat dari dari definisinya. Dikenal sebagai jati londo, furnitur kayu palet adalah berasal dari bekas kayu kemas pada industri logistik, yang kemudian dimanfaatkan kembali untuk digunakan sebagai produk furnitur rumah, kafe ataupun office. Furnitur kayu palet bisa kita lihat dari kafe atau toko buku dengan desain ala industrialis ataupun vintage. Mereka memanfaatkan barang lama agar terkesan unik.

Sementara itu, furnitur kayu pinus solid adalah produk perlengkapan rumah yang material utamanya dari kayu pinus dari hutan produksi. Umumnya, secara produksi, dengan waktu penanaman yang relatif cepat, kayu pinus sangat cocok untuk dijadikan bahan utama furnitur. Jenis furnitur kayu pinus solid ini bisa kita lihat di rumah, kafe, office ataupun tempat ibadah, yang desainnya ingin terlihat simpel, minimalis dan natural.

Perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda) Terlihat dari Kualitas

Perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda) dari Kualitas
Kualitas Kayu Pinus VS Kayu Palet (Jati Belanda)

Banyak orang menilai bahwa kayu palet memiliki kualitas yang kurang baik. Mengapa? Pertama, dari sisi sourcing, kayu palet sendiri berasal dari kayu bekas. Kedua, dalam hal pengolahannya, kayu palet tidak semaksimal dengan kayu solid. Misalnya dalam pengovenan, kayu palet umumnya masih relatif basah. Terakhir, furnitur kayu palet kurang meminimalisasi adanya lubang atau retak rambut pada perabot. Sehingga, ini bisa menjadi celah untuk rayap atau serangga.

Perbedaan furnitur kayu palet dan kayu pinus solid jelas terlihat ketika yang terakhir memiliki kualitas yang lebih baik. Dari sisi sourcing, kayu pinus solid berasal dari kayu yang ditanam untuk produksi furnitur. Lalu dalam pengolahan, kayu pinus solid dioven dengan lebih baik agar kering sehingga memiliki kualitas yang lebih baik.

(foto serat kedua kayu)

Daya Tahan Menjadi Pembeda furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda)

Perbedaan Kayu Pinus VS Kayu Palet Furniture
Daya Tahan Kayu Pinus VS Kayu Palet (Jati Belanda)

Furnitur dari kayu palet memiliki daya tahan yang relatif kurang baik, karena used product. Menurut Mesori Kristofani Siagian, desainer interior dari Ideo DesignWork yang diwawancara oleh Tempo mengatakan bahwa kualitas furnitur kayu palet relatif kurang maksimal. Ini dapat kita lipat bahwa konsumen harus hati-hati memilih furnitur jenis kayu palet karena adanya lubang dan retak rambut pada permukaan kayu. Lubang kerap mengundang rayap atau serangga ke dalam perabot, dan retak rambut bisa menyebabkan kayu pecah atau patah.

Sementara itu, furnitur kayu pinus solid dinilai lebih memiliki tingkat keawetan yang lebih baik daripada kayu palet. Seperti kita ketahui, kayu solid sendiri lebih baik dari kayu olahan (engineered wood). Lalu, pada prosesnya, furnitur kayu pinus solid sangat meminimalisasi mata kayu, kadar jamur bluestain dan empulur.

Furnitur Kayu Pinus Solid Lebih Natural, Furnitur Kayu Palet Tampil Klasik

Tekstur Kayu Pinus VS Jati Belanda Furniture
Tampilan Kayu Pinus VS Kayu Palet (Jati Belanda)

Dari sisi penampilan, karena berasal dari kayu bekas, furnitur kayu palet umumnya terlihat klasik. Bentuk pengemasannya kerapkali dipertahankan seperti aslinya, dan disusun menyesuaikan kebutuhan. Dari sisi pewarnaan, furnitur kayu palet dapat di-finishing dengan bagus, namun sudah tidak terlihat natural.

Beda halnya dengan furnitur kayu pinus solid. Perbedaan furnitur kayu palet dan kayu pinus solid adalah yang pertama klasik, sedangkan yang terakhir natural. Karena ia berasal dari kayu alami, ia dibentuk mengikuti desain produk yang ingin dikembangkan. Lalu, dalam hal pewarnaan, furnitur kayu solid kerap mempertahankan warna alami, sehingga terlihat lebih natural dan cantik.

Furnitur Kayu Palet Dinilai Murah, Kayu Pinus Solid Worthy

Kayu palet yang belum diolah biasanya dijual dengan harga yang murah. Dan, bila kita melihat produk hasil akhirnya di marketplace, furnitur kayu palet ini relatif dibanderol dengan harga yang lebih murah dengan furnitur kayu solid. Ini tak mengherankan karena sourcing produk ini yang mengandalkan dari kayu bekas.

Lalu, jika Anda bandingkan dengan harga furnitur kayu pinus solid, sekilas memang akan terlihat lebih mahal daripada furnitur kayu palet. Hal ini dikarenakan sourcing kayu pinus solid yang berasal dari hutan dengan tingkat pengolahan yang lebih baik, membuat furnitur ini memang relatif lebih tinggi harganya. Namun, jika kita perhatikan aspek kualitasnya, maka sebenarnya bukan harga yang mahal, tetapi worthy: dengan memperoleh kualitas lebih baik, kita mengeluarkan uang yang sepadan.

Perbedaan furnitur kayu pinus dan kayu palet (jati belanda)
Harga Kayu Pinus VS Kayu Palet (Jati Belanda)

Dengan mengecek satu per satu variabel perbedaan furnitur kayu palet dan kayu pinus solid, apakah Anda sudah bisa melihat keunggulan masing-masing? Dengan lima alat ukur di atas, kita dapat menyimpulkan furnitur mana yang memiliki kualitas lebih baik. Secara umum, furnitur kayu pinus solid bisa dikatakan lebih unggul dari kelima variabel aspek tadi. Ia hanya kalah dari sisi harga. Ini kami rangkum dalam tabel di bawah ini.

VariabelFurninitur Kayu PaletFurninitur Kayu Pinus Solid
DefinisiDikenal sebagai jati londo, kayu palet adalah bekas kayu kemas yang digunakan untuk keperluan furnitur.Furnitur kayu pinus solid adalah produk perlengkapan rumah yang material utamanya dari kayu pinus dari hutan produksi.
KualitasKualitas furnitur kayu palet kurang maksimal karena sourcing dari kayu bekas, pengovenan yang kurang maksimal dan banyak lubang atau retak rambut.Furnitur kayu solid dinilai lebih baik karena alami, bukan hasil kayu olahan dan pengovenan yang baik agar memiliki kualitas yang lebih bagus.
Daya TahanFurnitur dari kayu palet memiliki daya tahan yang relatif kurang baik, karena used product.Dengan kadar jamur bluestain dan empulur di bawah 20%, kayu pinus solid lebih tahan lama.
TampilanFurniture kayu palet dapat di-finishing dengan bagus, namun sudah tidak terlihat natural.Warna natural sangat kuat pada furniture dari kayu solid.
HargaKayu palet dibanderol dengan harga yang murah.Furniture kayu pinus solid dibanderol dengan harga yang sepadan.
Tabel Perbedaan Furnitur Kayu Pinus dengan Kayu Palet

Dengan demikian, untuk membeli furnitur, kami menyarankan agar sebaiknya menggunakan kayu pinus solid. Lebih berkualitas, awet, atraktif dan harganya pun relatif sepadan dengan benefit yang didapatkan (value for money). So, ketika sudah mengetahui perbedaan furnitur kayu palet dan furnitur kayu pinus solid, #TemanUwitan harus mempertimbangkan pilihan yang terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *