Material Kayu Pinus

Serba-Serbi Furniture dari Kayu Pinus

Serba-Serbi Furniture dari Kayu Pinus – Dewasa ini makin banyak perusahaan furniture yang menawarkan berbagai macam furniture dari lini produk mereka. Setiap perusahaan punya ciri khas masing masing dari setiap produknya, hal yang paling disorot oleh calon konsumen adalah material yang dipakai untuk membuat produk furniture. Karena Indonesia adalah surganya berbagai macam kayu, furniture kayu sampai sekarang masih menjad favorit banyak orang. Furniture kayu dinilai kuat dan tahan lama. Kayu bahkan bisa bertahan sampai dua generasi apabilla dirawat dengan cara yang benar. Furniture dengan bahan kayu juga termasuk barang yang timeless (tak lekang oleh waktu).

Kayu yang populer untuk dijadikan furniture adalah kayu jati. Kayu ini menjadi favorit banyak orang terutama generasi baby boomers hingga generasi X. Mindset ini pun mereka turunkan ke anak cucu mereka untuk selalu memilih jenis kayu ini untuk bahan furniture. Yang menjadi kendala adalah harga kayu jati ini relatif mahal, tapi menurut generasi baby boomers dan generasi X, furniture dengan jenis ini worth to invest mengingat struktur yang kuat dan jati adalah golongan kayu keras.

Bahan Furniture dari Kayu Pinus

Tapi apakah kamu pernah mendengar perihal furniture kayu tapi dengan bahan kayu pinus? Sekarang ini kayu pinus sedang diminati oleh pasaran, karena harganya yang relatif terjangkau dan pinus juga termasuk kayu yang kuat, meskipun tergolong kedalam kategori kayu lunak. Kita bakal bahas lebih lanjut soal furniture dari kayu pinus, jadi tetap simak penjelasan dibawah ya!

Material Kayu Pinus
Material Kayu Pinus

1. Jenis kayu pinus dan dimana bisa mendapatkannya?

Hutan Pinus
Hutan Pinus

Kayu pinus tersebar di beberapa tempat di Indonesia, kita bisa menjumpai komoditas terbanyak di Gunung Kerinci dan Gunung Talang, Pulau Sumatera. Untuk jenis kayu pinus di Indonesia adalah pinus Merkusii, kayu ini punya diameter 1 meter dengan tinggi pohon mencapai 25-45 meter. Setelah ditebang, kayu ini harus melewati proses pengeringan yang bisa mencapai 12 hari, pengeringan dengan waktu yang cukup lama bertujuan untuk memastikan tidak ada kadar air di dalam kayu, jadi ketika sudah mejadi sebuah furniture akan jadi lebih kuat dan awet.

2. Warna kayu yang lebih terang

DSC04594 Uncategorized
Kayu Pinus Berwarna lebih Terang

Warna kayu pinus didominasi warna putih dan cream dan ada juga kayu pinus dengan arna light brown (coklat muda), kombinasi warna ini yang bikin orang menjadikan kayu pinus ke dalam bucket-list mereka ketika berbelanja maupun custom produk furniture kayu. Karena warna yang terang, furniture dengan bahan kayu pinus bisa diletakkan di ruangan dengan tema apapun. Bisa dibilang warna dari kayu pinus ini bisa bikin point of interest (titik yang menarik) dari setiap ruangan tanpa menjadikan ruangan.

3. Termasuk kayu yang fleksibel

Furniture dari kayu pinus bisa dibilang, fleksibel disini bukan berarti lentur seperti karet ya. Yang dimaksud fleksibel disini adalah kayu pinus memiliki tekstur serat yang tidak sepadat kayu solid lain karena kayu pinus termasuk dalam golongan kayu lunak. Kayu pinus punya serat yang halus, maka dari itu kayu ini lebih mudah diproses untuk jadi berbagai macam furniture. Karena kayu pinus termasuk dalam kayu lunak, para pengrajin punya waktu yang relatif cepat untuk membuat satu furniture berbahan kayu pinus dari pemotongan hingga proses finishing.

4. Ketahanan kayu pinus yang menjanjikan

DSC04650 1 Uncategorized
Kayu Pinus Tahan Lama

Meskipun termasuk kayu lunak dan ringan karena tekstur serat yang halus, kayu pinus termasuk kayu yang kuat dan tahan lama. Selain itu kayu ini juga antishock, yang dimaksud antishock adalah kayu pinus ini resistan atau tahan benturan dengan begitu hal ini bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi jika suatu waktu furniture kayu pinus kontak dengan sesuatu yang keras atau bahkan terjatuh. Selain itu membuat furniture dari kayu pinus relatif lebih mudah untuk dirakit dan dibongkar pasang.

5. Harga yang affordable

Seperti yang bilang di awal artikel bahwa kayu pinus ini punya harga yang relatif affordable (terjangkau) jika dibandingkan dengan kayu lain seperti kayu gaharu dan jati. Hal ini dikarenakan pertumbuhan kayu pinus yang cukup cepat dan persediaan di Indonesia juga sangat banyak. Datu gelondong kayu pinus bisa dibanderol dengan harga Rp.1-1,5 juta per meter kubik dengan diameter sekitar 30 cm. Tapi harga ini tidak bisa menjadi patokan pasti karena tinggi rendah kayu juga berpengaruh pada perhitungan harga.

6. Material ringan namun kuat

DSC04385 Uncategorized
Kayu Pinus Ringan Namun Kuat

Tekstur serat yang halus dari kayu pinus menjadikan bobot dari kayu ini relatif ringan dari kayu solid lain. meskipun ringan kayu pinus termasuk kayu yang kuat apalagi jika dipoles dengan pelitur untuk melindungi kayu dari jamur dan lumut.

Produk Furniture dari Kayu Pinus
Produk Furniture dari Kayu Pinus

Nah gimana nih? Tertarik untuk beli furniture kayu dengan bahan kayu pinus? dengan penjeladan ini semoga kamu tidak bingung lagi ya ketika akan belanja furniture. Buat kamu yang tertarik, bisa banget mampir ke website Uwitan buat beli produk furniture kayu pinus dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *