Mempercantik Rumah Furniture, Artikel

Small Act, Big Impact: Mempercantik Rumah Dimulai dari Hal-Hal Kecil dan Sederhana

Orang kerap berpikir bahwa bila kita menginginkan sesuatu yang hebat, harus dicapai melalui perjuangan dan cara-cara revolusioner. Great result comes from hard work. Pernyataan ini ada benarnya. Tetapi, seringkali, cara-cara yang direncanakan kadang terlalu muluk-muluk, sehingga tidak workable.

Cara berpikir seperti di atas seringkali kita temukan pada masyarakat, bahwa ketika ingin mempercantik rumah harus dilakukan dengan cara merombak besar-besaran. Kadang, semua hal yang sudah ada harus diganti total.

Tentu saja, ini bukanlah sesuatu yang salah. Hanya saja, bila kita ingin merombak besar-besaran, tentu kita memperlukan alokasi anggaran yang cukup besar. Bila kita membutuhkan dana besar, kita terpaksa harus menabung terlebih dahulu atau mencari pinjaman pada kreditur.

Kami melihat bahwa ada cara sederhana yang bisa dilakukan oleh #TemanUwitan untuk mempercantik rumah. Ingatkah kita terhadap ungkapan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Kata-kata ini bisa menjadi mantra ajaib yang akan mengubah wajah rumah Anda.

Apakah bisa cara-cara sederhana diterapkan untuk mempercantik rumah?

#1 Start with Simple Target

Hal fundamental yang perlu disadari oleh #TemanUwitan saat menginginkan rumahnya tampil cantik ialah menyederhanakan target. Target yang terlalu tinggi kerapkali menjadi sumber frustasi diri sendiri. Dengan target sederhana, kita bisa percaya diri untuk melakukannya.

Contohnya ialah bagian pemanfaatan area tanggung (awkward space) yang kerapkali jadi sumber penyimpanan barang-barang tidak perlu. Contoh area ini adalah di balik pintu, bawah tangga rumah ataupun area sudut ruangan. Balik pintu biasanya digunakan untuk menyimpan sapu ijuk atau sepatu. Balik pintu ini bisa kita percantik dengan menempatkan Folding Hook untuk bisa menggantung berbagai barang repurposed dengan cara elegan.

Atau, apabila kita memiliki hewan peliharaan, mereka bisa disediakan rumah-rumahan mungil, tanpa perlu membangun kandang di luar rumah yang wah. Cukup memanfaatkan Rotan Ikan untuk menampung hewan peliharaan agar bisa istirahat dengan nyaman dan tidak merusak rumah.

#2 Continuous Improvement

Ada salah satu buku menarik yang mungkin bisa jadi referensi bacaan #TemanUwitan saat aktivitas banyak #dirumahaja, yakni The Atomic Habits (2018). Di buku itu, sang pengarang, James Clear mengatakan bahwa untuk mencapai hasil luar biasa dapat dicapai dari hal-hal kecil. Small changes, big results.

Untuk mencapai hasil yang luar biasa, kita bisa melakukan perbaikan secara berkelanjutan dengan hal-hal sederhana. Contohnya, agar rumah makin cantik dan elegan, tisu bisa disimpan ke dalam Squarebob Tissue Full Natural. Atau, beberes rumah secara teratur merupakan bagian hal kecil untuk mempercantik rumah.

Jadi, dalam bukunya, James Clear menjelaskan sebuah matriks antara dua variabel waktu (time) dan hasil (results). Jika #TemanUwitan melakukan suatu perbaikan 1% setiap hari, maka akan menciptakan perubahan hingga 36% dalam setahun. Apabila kita tidak melakukan apa-apa (decline), ini tidak akan mengubah apa-apa dalam setahun.

#3 Be Creative

Hal-hal indah dan bagus bisa diciptakan dari kreativitas. Sederhananya, kita bisa mengeksplorasi atau mencari perspektif lain dari area tertentu dengan menampilkan hal-hal yang tidak dilakukan sebelumnya tanpa memerlukan high resources.

Contohnya, ketika kita ingin mempercantik toilet agar menyenangkan berlama-lama di dalamnya, maka Anda bisa memanfaatkan area yang berada di atas closet duduk. Daripada tidak dimanfaatkan baik, mungkin Anda bisa mencari furnitur yang pas untuk memaksimalkan area itu.

Salami Rak Toilet merupakan produk Uwitan yang bisa mendorong kreativitas #TemanUwitan dalam mempercantik toilet. Dengan Salami Rak Toilet, kita bisa menyimpan berbagai keperluan toilet seperti pembersih, tisu, handuk kecil, dan pot bunga kecil. Bahkan, bila Anda hobi baca buku, dan tidak ingin waktu terbuang percuma untuk melamun di toilet, Salami Rak Toilet bisa menampung beberapa koleksi buku favorit.

#4 Explore Your Idea

Walaupun kita melakukan gradual effort untuk mempercantik rumah, tetapi #TemanUwitan pun bisa mengelaborasi ide-ide yang dimiliki dan diekspresikan ke dalam dekorasi rumah. Ingat, sebuah rumah itu sangat personalized. Ia mencerminkan kepribadian, karakter dan identitas penghuninya. Untuk itu, jangan ragu untuk mengelaborasi ide, meskipun tidak bisa dilakukan secara revolusioner.

Contohnya, bila #TemanUwitan memiliki pemikiran pentingnya pengelolaan barang-barang yang jarang atau sudah tidak digunakan. Barang-barang yang jarang digunakan bisa disimpan pada space yang sulit dijangkau. Lalu, barang yang sudah tidak digunakan bisa kita berikan pada orang yang membutuhkan.

Alana Bed 3 Drawer 160 merupakan salah satu produk Uwitan yang bisa mewakili ide dan personality #TemanUwitan. Sebagai ranjang kasur multifungsi, Anda bisa menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di laci bawah kasur. Dengan cara ini, maka Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan sederhana yang tetap mewakili sisi kepribadian #TemanUwitan.

#5 Social Support

Dalam melakukan sesuatu, kita butuh dukungan lingkungan sosial yang suportif, bukan destruktif. Oleh karena itu, dalam upaya melakukan hal-hal kecil agar rumah semakin cantik, kita memerlukan family support atau community support, sehingga kepercayaan diri dan kreativitas #TemanUwitan semakin berkembang dalam mengelola rumah. Kreativitas apapun tidak akan terealisasi seandainya lingkungan tidak mendukung.

Contohnya, apabila kita punya ide membangun perpustakaan di rumah, maka anggota keluarga lain perlu mendukung. Kita mulai mencicil dari Rak Buku Slim 3 Tingkat. Dari sini, kita bisa menyimpan koleksi buku-buku kesayangan. Lalu, setelah memiliki dana tambahan, #TemanUwitan bisa melengkapi keperluan meja lipat, box rotan, aksesoris, karpet dan lainnya. Semua dilakukan bertahap dan didukung penuh oleh anggota keluarga lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *