fbpx
rev2Web Minimalist Mom Lifestyle

Minimalist Lifestyle : Menjadi The Minimalist Mom

Mengaplikasikan gaya hidup minimalis di tengah keluarga merupakan sebuah tantangan. Mengapa? Pertama, dalam sebuah keluarga, tentu anggotanya lebih dari satu. Kedua, makin banyak anggota keluarga, kian banyak barang yang dimiliki. Untuk itu, ketiga, saat memiliki keinginan kuat menerapkan gaya hidup minimalis, diperlukan pemahaman yang sama. Dengan demikian, mengaplikasikan gaya hidup minimalis di tengah keluarga adalah sebuah tantangan yang mungkin akan panjang jalannya.

Namun, ada sosok yang punya peran sentral untuk bisa mengaplikasikan gaya hidup minimalis. Ia adalah ibu. Di tengah keluarga, yang cukup punya peran istimewa adalah mom. Mengapa? Pertama, yang biasanya memiliki perhatian terhadap kondisi rumah, mayoritas mom. Kedua, yang cukup intens care terhadap anak pun adalah mom. Untuk itu, mom punya peran penting di tengah keluarga, dan ketika mengaplikasikan gaya hidup minimalis, perannya cukup signifikan.

Lalu, bagaimana menjalani peran sebagai minimalist mom? Banyak yang mengatakan bahwa sulit rasanya menjadi the minimalist mom. Banyaknya mainan anak, keruwetan mengurusnya hingga mengelola konsumsi seluruh anggota keluarga adalah beberapa tantangan sehari-hari yang dihadapi oleh keluarga. Untuk itu, tidak sedikit mereka pesimistis menjalani gaya hidup minimalis dan berperan sebagai ibu. Namun, bila kita mulai mengaplikasikan dari hal-hal sederhana, tidak sedikit yang berhasil melakukannya.

7 Inspirasi Aplikasi Minimalis Lifestyle for Mom

Kami merangkum ada 7 inspirasi aplikasi yang telah dilakukan oleh #TemanUwitan. Melihat apa yang telah mereka lakukan, kami pun berkeyakinan bahwa sebenarnya menjadi the minimalist mom itu sangat mungkin dan aplikatif, walaupun tantangannya cukup berat. Ini bisa kita lihat dari beberapa inspirasi yang telah diaplikasikan oleh #TemanUwitan.

No.Aplikasi
1.Baby Closet & Storage
2.Storage Box for Toys
3.Toys Rack
4.Living Room + Kidsroom
5.Table for Learn & Play
6.Storage Box Classification
7.Be A Selective About Toys
7 Inspirasi Aplikasi Minimalis Lifestyle for Mom

1. Baby Closet & Storage

Lemari anak merupakan hal yang lumrah digunakan untuk menyimpan berbagai keperluannya dan koleksi pakaian. Di sini, @littleflowerhome menempatkan barang-barang anak dalam Harumi Wardrobe + Drawer. Wardrobe ini dikenal memiliki dua pintu untuk menampung segala keperluan bayi. Lalu, dibawah pintu utama, terhadap 1 laci dan bagian rak yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Di gambar ini, ia menyimpan popok hingga sleeping bag. Lalu, atap wardrobe, dimanfaatkan untuk menyimpan koleksi tas anak ataupun diffuser ruangan.

View this post on Instagram

Girls’ wardrobes

A post shared by Q&V’s home (@littleflowerhome) on

Baby Closet & Storage @littleflowerhome

2. Storage Box for Toys

Untuk menciptakan kenyamanan, seringkali kita memerlukan kidsroom tersendiri yang dirancang untuk kegiatan belajar dan bermain mereka dalam satu area. Dengan cara ini, maka kita tidak memerlukan effort, sehingga beberes rumah lebih mudah. Dalam kidsroom tersendiri, kita bisa menempatkan rak buku, dinding atau beberapa storage box untuk pengelolaan mainan, buku dan artwork anak. Adanya rak buku dan dinding ini, memudahkan untuk klusterisasi atau kategorisasi terhadap subjek tertentu, sehingga memudahkan untuk pencarian. Adanya storage box memudahkan mom untuk mengajari anak belajar beberes sendiri. Kid toys storage yang digunakan oleh @linencircle adalah Box Rotan M dan Laundry Box Large.

Storage Box for Toys @linencircle

3. Toys Rack

Rak mainan memiliki fungsi yang baik untuk menata semua koleksinya agar terlihat cantik. Selain itu, dalam hal bermain, @baby_sug memanfaatkan rak mainan untuk keperluan memajang seluruh koleksi mainan laiknya toko. Di gambar ini, terlihat bahwa ia bersama buah hatinya menyusun toko kue dengan menggunakan Rak Miguna 3 Tingkat. Agar terlihat apik, masing-masing jenis kue dikelompokkan berdasarkan jenis dan harganya dengan menggunakan artpaper yang digambar. Mainan kue-kue itupun disimpan dalam sebuah minibox kayu, sehingga terlihat manis dan klasik.

4. Living Room + Kidsroom

Bagi pemilik rumah minimalis, untuk memaksimalkan keterbatasan ruangan, mungkin yang perlu dilakukan adalah mengintegrasikan antara ruang tamu, keluarga dan bermain anak. Agar terasa roomy, tidak ada sekat untuk memisahkan antarruang, sehingga anak bisa leluasa untuk bermain. @nelly_rumahbiru menggabungkan antara fungsi living room dan kidsroom. Untuk mempercantik kedua area ini, pada living room ditambahkan indoor plant dan aksesoris pada rak dindiing. Lalu, pada kidsroom, ditambahkan rak berukuran besar untuk menyimpan koleksi mainan anak dan keepsake milik keluarga.

Living Room + Kidsroom @nelly_rumahbiru

5 Table for Learn & Play

Keberadaan sebuah meja pada kidsroom merupakan hal penting. Ia dapat berfungsi untuk aktivitas belajar ataupun bermain secara ergonomis. Di samping meja, kita bisa dapat meletakkan rak untuk menyimpan berbagai keperluan seperti buku, alat tulis, mainan, lampu belajar, dan lainnya. Di gambar ini, meja belajar berbentuk L-Shape, sehingga bisa ditempatkan pada area sudut kamar. Dengan demikian, kamar pun bisa lebih efisien. Lalu, @malindaevi menambahkan cermin Bear Rattan Mirror.

Table for Learn & Play @malindaevi

6 Storage Box Classification

Cara mudah untuk beberes dan mengajarkan anak dalam kerapihan sehingga tampilan rumah akan nampak minimalis adalah menyediakan storage box yang sudah dikategorisasi. Ini memudahkan kita dan anak untuk beberes atau mengambil mainan yang dibutuhkan. Misalnya, apa yang dilakukan oleh @malindaevi adalah storage box dari plastik polypropylene dengan ditempeli kertas berwarna jenis mainan, seperti mobil, balok, dinosaurus dan Lego.

Storage Box Classification @malindaevi

7 Be A Selective About Toys

Cara untuk menjadi the minimalist mom adalah memilih mainan yang benar-benar disukai anak. Mengapa? Semakin selektif, maka kita mulai mengajarkan gaya hidup minimalis pada anak. Apa yang dilakukan oleh @nelly_rumahbiru ialah berusaha untuk membuat rumah lebih rapi dengan mainan yang benar-benar dibutuhkan oleh anak. Ini adalah ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai tempat main anak. Untuk mempercantik area bermain, tambahkan indoor plant pada Rak Susun Natural.

Be A Selective About Toys @nelly_rumahbiru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *