Rumah Minimalis

Bangun Rumah Idaman bersama uwitan

Rumah Minimalis Yang Nyaman Untuk Ditinggali

Rumah Minimalis – Sebagian dari kita mengisi kegiatan berdiam diri di rumah dengan menata kembali ruangan yang berantakan atau bahkan mendekorasi rumah. Kamu akan lebih mudah menata rumah bila rumah berada di lahan yang luas dari pada rumah mungil yang minimalis.

Hal ini tak hanya terjadi pada hal mendekorasi rumah, namun juga pada rumah baru yang masih kosong, belum terisi apa pun. Pada dasarnya ruang yang besar akan memberikan keluasan dalam hal mendekorasi atau menata perabot yang ada. Namun, ukuran rumah sejatinya tidak menjadi alasan utama. Kamu bisa mengreasikan rumah minimalis sesuai dengan keinginan dan karakteristik setiap anggota keluarga. Meski tak mudah dan dapat menimbulkan tantangan tersendiri, namun bila kamu telaten melakukannya pasti akan mendapat hasil yang maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati penataan rumah minimalis agar tetap bisa terlihat luas. Pada tahap awal memasuki rumah, kamu akan menjumpai teras rumah, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan, kamar tidur, lalu ruang aktivitas seperti ruang hobi dan ruang kerja.

Penataan rumah dimulai dari awal kita masuk ke dalam rumah. Apa yang kamu lihat terlebih dahulu, seperti :

Teras Rumah

Furnitur yang biasanya ada di teras rumah ialah meja dan kursi. Ruangan ini memiliki fungsi utama untuk bersantai dan menyambut tamu yang datang ke rumah. Kamu bisa mengkreasikan teras rumah dengan menambahkan fungsi, seperti adanya rak sepatu untuk meletakkan alas kaki.

Kebutuhan menata rumah tergolong sulit bila perabot atau furnitur memiliki jumlah yang banyak namun ruang pada rumah terbatas. Dalam merealisasikan penataan interior ruangan yang sederhana namun tetap terlihat elegan dan budget yang terbatas tidaklah mustahil. Kamu bisa mencapainya dengan menambahkan dekorasi tertentu pada ruangan atau mengecat titik-titik strategis dalam rumah.

Teras Rumah
DSC03111

Ruang Tamu

Ada dua tipe ruang tamu yang bisa diterapkan untuk rumah minimalis. Ada ruang tamu yang berdiri sendiri, ada juga ruang tamu yang bersatu dengan ruang keluarga. Hal ini bertujuan agar ruangan dapat berfungsi secara maksimal.

Seringkali kita merasa kewalahan ketika harus menata rumah minimalis. Karena luas ruangan yang terlalu kecil, sehingga sulit untuk berkreasi. Kamu bisa menyatukan dua ruangan menjadi satu tanpa harus menghilangkan fungsi utama dari tiap rumah.

Misal saja dengan menambahkan sketsel atau pembatas ruangan. Apabila ada tamu yang berkunjung, kamu bisa memfungsikan ruang tamu sebagai ruangan untuk menerima tamu dan memfungsikan ruang keluarga sebagai ruangan untuk anggota keluarga berkumpul. Namun bila tidak ada tamu, maka kamu bisa memindahkan sketsel, sehingga ruangan yang tadinya dua bisa digabung menjadi satu ruangan yang luas.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan satu ruang yang bisa memberikan kesan hangat dan menunjukkan identitas “rumah” itu sendiri. Rumah adalah tempat untuk kita kembali, beristirahat, mencurahkan semua yang ada di hati dan pikiran, begitu pula keluarga adalah definisi rumah itu sendiri.

Pada penataan ruang keluarga, kamu bisa memulainya dengan memilih furnitur yang fungsional untuk mendapat hasil yang optimal. Seperti penggunaan kursi yang bisa memuat banyak orang, karpet berguna untuk kamu yang ingin duduk di bawah sambil meluruskan kaki, meja tv yang di desain khusus disesuaikan dengan ketinggian mata orang yang melihatnya.

Kamu bisa mencoba untuk kreatif dalam mengorganisir interior rumah, khususnya ruang keluarga. Hal ini bertujuan agar setiap barang dapat tertata dengan rapi dan peletakan barang sesuai dengan tempatnya

DSC03153 copy scaled
4 Tips Merapikan Dapur & Ruang Makan

Dapur & Ruang Makan

Seringkali kita merasa rindu dengan masakan ibu atau masakan rumahan saat kita berada jauh dari rumah, namun hal yang sebenarnya paling dirindukan ialah kegiatan yang dilakukan bersama ibu. Seperti kegiatan memasak yang dilakukan oleh ibu dan anak perempuannya di dapur.

Dapur juga tak jarang menjadi tempat favorit untuk ibu mencurahkan isi hatinya dengan cara memasak makanan kesukaan seluruh anggota keluarga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam memasak, diperlukan barang tambahan yang bisa membantu ibu mengreasikan makanannya. Misal saja adanya meja dapur untuk meletakkan bahan masakan, laci pada meja dapur untuk meletakkan peralatan memasak, dan adanya laci atau ambalan yang diletakkan di dinding untuk meletakkan keperluan dapur lainnya.

Kamar Tidur

Fungsi utama dari kamar tidur adalah untuk tidur dan beristirahat, sehingga fokus utamanya adalah bagaimana membuat kamar tidur menjadi ruangan yang nyaman untuk beristirahat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam menata ruang minimalis ialah dengan menggabungkan furnitur yang tinggi dan pendek.

Sebagian orang memilih furnitur yang kecil dan pendek sebagai furnitur atau perabot pada ruangan, padahal pemilihan furnitur yang seperti ini akan membuat ruanganmu semakin sempit. Salah satu cara agar ruangan tidak sempit adalah dengan menggabungkan keduanya.

Kamu bisa mencampurkan furnitur yang besar dan diberi jarak agak jauh dari lantai, agar ruangan dapat terlihat lebih luas. Kemudian, kamu juga bisa memilih barang-barang yang lebih dekat dengan lantai agar memudahkanmu dalam menjangkau.

Dekorasi Ruang Tidur
IMG 7046 1

Ruang Hobi

Apabila kamu masih memiliki ruangan kosong yang belum terisi apapun, kamu bisa memfungsikannya sebagai ruang untuk melakukan segala aktivitas. Seperti halnya untuk ruang hobi atau ruang kerja. Kamu tetap bisa mengembangkan hobimu di ruangan khusus untuk berkreasi.

Apabila kamu termasuk orang yang hobi melukis, maka kamu bisa mengreasikan ruangan tersebut dengan meletakkan beberapa pajangan dinding atau lukisan yang telah kamu buat. Apabila kamu adalah orang yang tertarik dalam fotografi, maka kamu bisa meletakkan hasil fotomu untuk ditempelkan pada dinding. Begitu pula bila kamu termasuk orang yang suka berkebun, maka kamu bisa menjadikan ruangan tersebut atau memilih sudut ruangan untuk meletakkan koleksi tanamanmu.

Rumahmu adalah bentuk cerminan dari dirimu sendiri, jadi bagaimana desain rumah, bentuk rumah, atau apa saja furnitur yang ada di dalamnya dapat mencerminkan siapa dirimu di hadapan tamu.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Kamu dapat menyiasati rumah minimalis agar tetap bisa terlihat luas dengan tidak membuat warna putih pada dinding maupun furnitur. Tak selamanya warna putih dapat memberikan kesan luas. Bila warna putih dipadu padankan dengan pencahayaan yang minim, maka ruangan akan terlihat suram. Begitu pula dengan karakteristik warna putih yang gampang kotor bila terkena noda, apalagi bila noda tersebut sulit hilang.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan terlihat luas ialah dengan menggunakan cermin. Namun, bila kamu tidak menginginkan penggunaan cermin pada ruangan, maka kamu bisa menggunakan furniture yang bisa memantulkan objek atau cahaya di sekitarnya.

Pencahayaan ruang sudah aman, peletakan furnitur juga sudah rapi, hal yang tidak boleh ketinggalan ialah rutin membersihkan rumah. Semuanya akan terasa sia-sia bila kamu malas dalam membersihkan rumah.

Bangun Rumah Idaman bersama uwitan