fbpx
dapur minimalis

Small Storage untuk Dapur Minimalis

Small storage bisa menjadi solusi untuk menciptakan kerapihan dan kenyamanan pada dapur minimalis. Kita bisa menyimpan peralatan atau aneka bumbu.

Meskipun kita memiliki lemari kabinet pada kitchen set yang cukup besar di dapur, seringkali lemari-lemari tersebut dipenuhi oleh barang-barang atau aneka bahan makanan dan bumbu. Bahkan, ada peralatan atau bahan makanan yang sudah tidak tertampung lagi pada kabinet. Akibatnya, peralatan atau bahan makanan pun disimpan bukan pada tempatnya. Inilah yang kemudian membuat kondisi dapur kerap terlihat berantakan, baik dengan ukuran luas maupun dapur minimalis.

“If you can organize your kitchen, you can organize your life.”

Louis Parrish, penulis buku Cooking as Therapy (1976)

Karena rak kabinet sudah tidak dapat menampung aneka peralatan memasak dan bumbu-bumbuan, banyak orang menambahkan rak besar di dapurnya untuk menyimpan semua itu. Bahkan, apabila mereka memiliki space kosong di dapur yang luas, mereka dapat menambahkan rak kabinet dengan ukuran besar sehingga dapat memuat banyak peralatan ataupun bahan makanan. Lalu, bagaimana dengan dapur minimalis?

Dapur Minimalis dan Small Storage

Ketika ukuran dapur minimalis dan masih membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan berbagai aneka bumbu dan peralatan memasak atau makan, maka cara sederhana yang dapat dilakukan adalah menambah small storage di dapur. Sehingga, small storage ini tidak banyak memakan ruang. Ada banyak pilihan yang dapat kita lakukan seperti menggunakan keranjang dekoratif, rak dinding, ambalan, wooden kitchen box, dan lainnya.

dapur minimalis
Vintage Bread Box Full Natural

Cara menciptakan small storage di dapur minimalis adalah dengan menambahkan furniture berukuran kecil di dapur. Walaupun kecil, bila kita bisa memanfaatkan dengan baik, small storage ini dapat membuat dapur semakin nyaman dan sedap dipandang. Selain itu, furniture ukuran kecil ini juga ‘aman’ di kantong. Berikut ini contoh inspirasi dari #TemanUwitan

Rak Miguna 4 Tingkat sebagai Extra Storage

Saat kabinet atas-bawah kitchen set sudah tidak dapat menampung peralatan atau flavor yang dimiliki, kita bisa menggunakan rak tambahan sebagai extra storage. Tidak harus besar. Kita bisa menyesuaikan dengan luas area dan barang yang ada. @dwitakharisma memanfaatkan Rak Miguna 4 Tingkat untuk menyimpan barang miliknya secara rapi di dapur minimalis.

“Raknya multi fungsi banget, bisa buat naruh taneman, sepatu atau kaya aku dijadiin tempat bumbu & perintilan dapur lainnya. Berguna banget deh pokoknya, sesuai namanya Miguna,” cerita @dwitakharisma.

Mengoleksi Gelas Kesayangan dan Aksesoris di Single Hook Natural White

Kadangkala, agar dapur minimalis dan ruang makan terlihat cantik, kita memerlukan peralatan makan/minum yang estetik untuk menambah kesan manis pada area ini. Salah satu kreativitas yang dilakukan @rumah_kev adalah mengoleksi gelas cap ayam jago dan aksesoris lainnya. Supaya semuanya terlihat cantik diperlukan tempat penyimpanan yang bagus. Ia pun memilih Single Hook Natural White Uwitan untuk menaruh barang-barang cantik miliknya. 

Menggantung Apron dan Handbag di Folding Hook Brown

Apron, celemek, lap, dan handbag adalah beberapa item yang sering ada di dapur. Dan, kita memperlukan cara penyimpanan untuk barang-barang ini agar rapi dan praktis. @thantyani pun memanfaatkan Folding Hook Brown Uwitan untuk menyimpan handbag dan celemek di dapur. Dengan demikian, dapur minimalis pun terlihat lebih rapi.

Menata Aneka Bahan Minuman di Wooden Snack Box Natural White

Kopi, teh, gula, creamer, dan lainnya adalah bahan minuman yang wajib ada di dapur. Untuk menata bahan minuman ini dengan rapi, seringkali kita memerlukan boks yang memudahkan untuk mengambilnya. Secara jeli, @myonly_diy memanfaatkan Wooden Snack Box Natural White Uwitan untuk menyimpan aneka bahan minuman di dapur minimalis. Dengan demikian, tampilan penyimpanan gula ataupun kopi pun terlihat estetis.

Menyimpan Minuman Kemasan di Rak Dinding Rumah Natural White

Bila kamu punya tempat ngopi dengan konsep minibar, Rak Dinding Rumah Natural White ini sangat cocok untuk menyimpan aneka minuman kemasan di tempat ini. Ini yang dilakukan oleh @yennykaureensetiawan. Rak dinding ini dapat menyimpan aneka minuman kemasan, gelas kesayangan bahkan aksesoris untuk mempercantik minibar sekaligus.

Melihat contoh-contoh yang telah dilakukan #TemanUwitan tadi, apakah kamu juga melakukan hal yang sama? Untuk menciptakan suasana dapur minimalis yang lebih rapi dan cantik, sebenarnya tidak harus selalu mengeluarkan effort yang besar. Dengan furniture-furniture berukuran kecil pun, kita bisa menciptakan dapur yang rapi, sehingga lebih nyaman untuk ditempati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *