4 Tips Merapikan Dapur & Ruang Makan

4 Tips Merapikan Dapur dan Ruang Makan

4 Tips Merapikan Dapur dan Ruang Makan – Dapur yang berantakan bisa menjadi masalah besar bagi penghuninya. Penyebabnya adalah karena penataan furniture yang tidak pada tempatnya dan adanya aroma menyengat dari bahan makanan, terutama makanan basah.

Tidak peduli seberapa sering kamu menggunakan dapur, namun keberadaannya menjadi penting karena sering dilewati. Dapur yang kotor dapat merusak estetika keindahan ruangan. Pandangan kita akan terganggu saat melihat makanan atau minuman yang diletakkan tidak pada tempatnya.

Dapur memiliki ukuran yang berbeda – beda tergantung dengan tipe rumah dan penempatannya. Ukuran dapur yang ada di apartment berbeda dengan di rumah. Dapur pada sebuah apartment biasanya berukuran kecil, seperti 90 X 50 cm. Sedangkan dapur yang berada di rumah biasanya berukuran lebih luas dari pada di apartment. Hal ini karena kondisi lahan yang kecil sehingga jumlah ruangan tidak terlalu banyak.

Ukuran dapur menentukan furniture apa saja yang kamu butuhkan untuk meletakkannya dalam ruangan. Kamu perlu memperhitungkan ukuran furniture, tema ruangan, dan penempatannya. Kamu bisa menyiasati furniture dengan memfokuskan pada pilihan furniture, fungsi, dan penempatannya secara proporsional. Dengan cara–cara ini, maka dapur yang memiliki ukuran terbatas pun bisa terlihat lebih lega.

Ada beberapa tips yang bisa #TemanUwitan praktikkan dalam menata ruang hunian, antara lain :

1. Mengelompokan makanan dan minuman di dapur dan ruang makan

Tempat Menyimpan Makanan

Hal pertama yang dapat di lakukan ialah meletakkan berbagai makanan ringan seperti roti, snack, selai, dan sejenisnya kedalam satu box yang sama. Makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa, tidak mudah busuk atau dapat bertahan lama, dan sifatnya kering ini bisa dijadikan satu dalam satu box agar terlihat rapi.

Kamu bisa memilih box dengan ukuran, bahan, maupun warna sesuai dengan tema rumah. Misal saja box multifungsi yang bisa berguna untuk meletakkan benda apapun. Pada are dapur, box multifungsi bisa digunakan untuk menyimpan roti, selai, makanan ringan, bumbu dapur, dan sejenisnya.

Pemilihan desain box yang simple, elegan, dan minimalis sangat cocok untuk rumah minimalismu. Box ini tidak hanya memberikan fungsi secara pemakaian saja, namun juga segi keindahan estetikanya.

2. Meletakkan peralatan dapur di dinding

Rak Dinding Rumah natural
Rak Dinding Dapur

Merapikan dapur dan ruang makan yang kedua adalah dengan menambahkan tempat penyimpanan yang terpasang di dinding. Peralatan dapur yang terpasang di dinding akan membantu kamu dalam menghemat tempat. #TemanUwitan bisa meletakkan beberapa ambalan sekaligus untuk meletakkan seasoning, seperti garam, gula, lada, dan sebagainya. Kamu juga bisa menata beberapa toples di ambalan, agar toples tersusun rapi dan kamu bisa fokus pada satu tempat saat mengambilnya.

Apabila Kamu ingin memberikan kesan natural pada ruangan, kamu bisa menyesuaikan warna furniture dengan warna dinding. Warna natural yang bisa kamu coba seperti coklat, hijau, putih, dan hitam. Pemberian warna pada ruang harus sesuai juga dengan karakter pemiliknya.

Rak Dinding Rumah natural
Rak Dinding Rumah

3. Memilih Meja dan Kursi untuk dapur dan ruang makan

Island Table
Island Table

Kamu sadar nggak kalau ukuran meja dan kursi makan dapat mempengaruhi ruang gerakmu. Ukuran meja dan kursi yang terlalu besar pada dapur minimalis akan mengganggu mobilitas gerak kita. Mengapa demikian? Karena ukuran meja dan kursi yang besar akan memakan lebih banyak tempat, sehingga pergerakan kita menjadi terbatas.

Kamu bisa memilih satu set meja dan kursi makan yang cukup untuk anggota keluargamu. Alangkah lebih baik lagi bila menggunakan meja makan multifungsi. Jadi seusai makan, Kamu bisa menggunakan tempat tersebut untuk difungsikan ke hal lainnya. Memilih meja dan makan yang terbilang ringan juga akan membantumu dalam memaksimalkan dan merapikan dapur serta ruang makan. Kursi yang mudah di geser dan meja yang memiliki kolong yang luas akan memudahkan kamu dalam aktivitas beberes di dapur.

4. Merapikan Dapur setelah digunakan

Pantry Cabinet
Pantry Cabinet

Setelah asik dengan kegiatan memasak, biasa kitchen set menjadi kotor karena ketumpahan minyak, saus, atau bahan masakan lainnya. Apabila kamu tidak segera membersihkannya, makan bahan – bahan tersebut akan lengket dan terkadang sulit untuk dibersihkan.

#TemanUwitan bisa membersihkan kitchen set dengan spons khusus atau lap basah. Jangan lupa gunakan sabun pembersih agar kitchen set menjadi wangi dan kembali bersih seperti semula.

Kamu bisa menerapkan keempat tips di atas untuk merapikan kembali dapur yang sudah selesai kamu gunakan. Kamu mulai menata ulang ruangan dengan cara merapikan. Agar kamu bisa memaksimalkan fungsi ruang dan tetap memberikan nilai estetika di dalamnya. Furnitur yang simple, efektif, dan efisien membantu gerak anda dalam memaksimalnya pergerakan di setiap sudutnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *