fbpx
Indoor Plants: Making Your Home Greener

Indoor Plants: Making Your Home Greener

Apabila #TemanUwitan perhatian, green lifestyle tampaknya telah menjadi budaya massa (pop culture) di tengah masyarakat. Apa yang berbau dengan tema keberlanjutan (sustainability) itu menjadi sesuatu yang keren (cool). Green lifestyle is cool. Mengapa? Tampaknya, isu kerusakan lingkungan dan keinginan untuk hidup berkelanjutan menjadi impian masyarakat modern dewasa ini.

Ini bisa kita lihat dari contoh sederhana: bila kita menemukan orang buang sampah sembarangan, respon kita pun otomatis mengatakan itu โ€œkampunganโ€. Justeru sebaliknya, anak muda yang menginisiasi gerakan bebersih lingkungan, circular economy hingga startup untuk memonitor lingkungan itu dibilang cool.

Di dalam konteks kehidupan rumah, green lifestyle juga menjadi gaya hidup baru yang ngetren di kalangan masyarakat. Ini terlihat dari maraknya fenomena indoor plants, houseplants, urban farming, house gardening, zero waste, co-housing, sharing, dan lainnya.

Indoor plants merupakan salah satu gaya hidup โ€œhijauโ€. Kini, di tengah pandemi Covid-19, ia kian populer karena.

5 Manfaat Indoor Plants untuk Kesehatan

Ketika Anda memperindah ruang interior dengan tanaman hias, Anda tidak hanya menambahkan tanaman hijau. Organisme hidup ini berinteraksi dengan tubuh, pikiran, dan rumah Anda dengan cara yang meningkatkan kualitas hidup.

Pertama,bernafas lebih mudah.Selama fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Pola penggunaan gas yang berlawanan ini membuat tanaman dan penghuninya menjadi teman alami.

Kedua, melepaskan air. Sebagai bagian dari proses fotosintesis dan pernapasan, tanaman melepaskan uap air, yang meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya. Dengan begitu, menggunakan tanaman di dalam ruang akan mengurangi kejadian kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Ketiga,purifikasi udara. Penelitian NASA menemukan bahwa tanaman memurnikan udara yang terperangkap dengan menarik kontaminan ke dalam tanah, di mana mikroorganisme zona akar mengubah volatile organic compounds (VOCs) menjadi makanan untuk tanaman.

Keempat, meningkatkan kesehatan. Menambahkan tanaman ke kamar rumah sakit dinilai bisa mempercepat tingkat pemulihan pasien. Banyak pasien

Kelimat, mempertajam fokus. Sebuah studi di The Royal College of Agriculture di Circencester Inggris, menemukan bahwa para siswa menunjukkan perhatian lebih besar ketika mereka belajar dalam ruangan berisi tanaman.

11 Aplikasi Indoor Plants

Pertanyaannya, bagaimana kita memulai untuk melakukan aktivitas indoor plants? Kami merangkum beberapa inspirasi yang telah dilakukan oleh #TemanUwitan dalam mendekorasi rumahnya agar tampak green di bagian-bagian tertentu.

No.The Applications
1The Corner of Apartments
2Guest Room
3Living Room
4TV Table
5Open Wardrobe
6Wall Shelves
7Dining Table
8Bathroom
9Home Corner
10Working Area
11Kitchen
11 Aplikasi Indoor Plants

#1 The Corner of Apartments

Ruang yang kita miliki di apartemen mayoritas terbatas. Meskipun demikian, di tengah keterbatasan ini, tak sedikit para penghuninya suka mengoleksi berbagai tanaman di dalam ruang agar terlihat asri dan sirkulasi udaranya lebih baik. Travel blogger terkenal @kadekarini kadang suka berbagi cerita koleksi indoor plant di dalam apartemennya. Ia tempatkan pada bagian salah satu sudut ruangan atau di balkon apartemennya. Dengan demikian, luar dan dalam apartemen terlihat segar dan asri.

Lihat postingan ini di Instagram

Traveling to my own jungle ๐ŸŒฑ๐ŸŒต๐ŸŒฟ๐ŸŒณ๐Ÿƒ . Semenjak di rumah aja, hiburan ku adalah jadi #MamaPlant. Meskipun tinggal di apartemen, tidak menutup kesempatan untuk mulai menanam pohon. Sungguh kalo udah mentok ide kreatif, aku biasanya duduk aja mandangin mereka, jadi adem. Ini beberapa akun tempat aku beli yang ada di foto ya Slide 1 : mostly tanaman beli di tukang tanaman pinggir jalan & @mygreenycorner. Karpet beli di Bosnia hehe. Slide 2 : pot bentuk muka dan alpaca beli di @philotera_pottery Slide 3 : pot kuning & pink beli di @ruparupacom Slide 4 : Laundry basket beli di @uwitan Slide 5 : pot biru beli di @ikea_id, tanaman string of hearts beli di @sanggarkemuning Slide 6 : Tanaman Philea beli di @sanggarkemuning Slide 7 : Tanaman Janda Bolong beli di tukang tanaman #PlantLady #UrbanJungle #smallapartment #apartmentdecor

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kadek Arini | Travel blogger (@kadekarini) pada

#2 Guest Room

Sudah lazim bahwa area tamu dihiasi oleh tanaman indoor plant. Tentu, ini sangat relevan. Selain untuk menghiasi ruangan, adanya tanaman indoor plant bisa menciptakan sirkulasi udara yang sehat pada ruangan ini. Dengan begitu, ruang tamu pun akan selalu terasa segar. Ini yang dilakukan oleh @domdorodom pada bagian ruang tamunya. Ia menempatkan koleksi indoor plants nya di bagian pojok ruangan dengan standing pot, wall shelves, coffee table, dan raknya. Semua terlihat apik karena dikombinasikan dengan aksesoris unik miliknya. Dengan demikian, ruang tamu pun terlihat estetis dan asri.

Lihat postingan ini di Instagram

Ruang rindu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dominika (@domdorodom) pada

#3 Living Room

Menempatkan indoor plant di ruang keluarga, mengapa tidak? Ruang keluarga bisa terlihat hangat, menyenangkan dan green. Umpamanya, psikolog ternama @analisa.widyaningrum menempatkan kaktusnya di Standing Rattan Pot pada pojok bagian ruang keluarga dan dilengkapi Standing Lamp Monopod. Standing pot itu sendiri bisa menyimpan koleksi kaktus yang besar.

Lihat postingan ini di Instagram

Setelah melalui 5 sesi kelas online hari ini, Alhamdulilaaah ditutup dengan booster yang tiada duanya. Dicium anak wedok sambil dikasih surat yang isinya ” kalau mama meninggal aku pasti sedih, aku pasti kasih bunga, aku sayang mama.” masyaallah ni anak abis nonton youtube apaan ya hahaha. Atau abis denger pelajaran apa ya.. lucu plus serem amat ngomongnya. Cuma ini tulisan jujur dari anak yang belum genap 5 tahun. Seolah dia ingin bilang, aku sayang banget sama mama ๐Ÿค . . Ungkapan sayang itu ga harus dengan I LOVE you, ajarkan mereka untuk terus bebas mengekspresikan cintanya ke orangtuanya ya. Karena suatu saat ketika kita menua, hal itulah yang akan selalu kita nanti setiap harinya. . . Matchy-matchy with Anasya pake baju dari @himmelhijab . Masyaallah suka banget dikasih kembaran buat lebaran #dirumahaja begini. Warna dan bahannya lembuut banget… โค๏ธ

Sebuah kiriman dibagikan oleh Analisa Widyaningrum (@analisa.widyaningrum) pada

#4 TV Table

Di area sekitar meja televisi bisa Anda lengkapi dengan berbagai tanaman. Ini untuk menambah kesan hijau pada ruang yang sering dijadikan main spot untuk berkumpul. Dengan begitu, ruangan pun tampak lebih warmy dan greeny. Ini yang dilakukan oleh @thanchanhouse. Ia menempatkan koleksi tanamannya di Alana TV Table 3 Laci dan sebuah white stool disampingnya.

#5 Open Wardrobe

Dengan konsep menyimpan koleksi pakaian secara terbuka, maka ini memungkinkan kita lebih praktis saat membutuhkan. Namun, untuk menciptakan ruangan yang bersahaja dan bersahabat, #TemanUwitan bisa menambahkan koleksi tanaman indoor plant pada satu bagian dekat wardrobe. Hal ini dikreasikan oleh @mybrick.house. Dengan menempatkan tanaman Kuping Gajah pada kursi besi klasik yang telah diwarnai cokelat agar satu tone dengan vas bunga, area wardrobe pun terlihat estetis.

#6 Wall Shelves

Di tengah keterbatasan ruang, kita bisa memanfaatkan dinding sebagai area yang bisa dielaborasi untuk penempatan barang tertentu. Contohnya adalah vas tanaman hias kecil yang bisa ditempatkan pada rak dinding. Rak dinding beserta tanaman hias kecilnya bisa kita simpan di ruang tamu, tengah, dapur, dan lainnya. Dengan memanfaatkan produk Ambalan U Natural Uwitan, @gondanghouse_ secara cerdas bisa menyimpan berbagai koleksi tanaman hiasnya.

#7 Dining Table

Meja makan tidaklah harus berisi makanan saja, cemilan ataupun bumbu-bumbuan semata. Ia bisa dilengkapi dengan tanaman-tanaman hias agar terlihat berbeda dan cantik. Jenis tanaman yang ditempatkan pun tidaklah harus besar, melainkan proporsional mengikuti area yang ada. @mrsbasic melakukannya dengan menempatkan tanaman hias pada vas bunga kecil-kecil di atas Slide Box Natural White dan di samping Squarebob Tissue Box Natural White.

#8 Bathroom

Sebagai area basah, kamar mandi tentu saja bisa menjadi pilihan yang tak bisa dilupakan untuk menempatkan tanaman hias. Meskipun areanya terbatas, kita bisa menggunakan Salami Rak Toilet untuk toiletries organization serta menempatkan beberapa tanaman hias agar lebih asri dan meningkatkan sirkulasi udara yang lebih baik di toilet. Mengapa selebgram @tantrinamirah melakukannya di toilet? Alasan paling pentingnya adalah kondisi toilet mencerminkan kepribadian. โ€œIbuku pernah bilang ketika kamu bertamu ke rumah orang bisa dilihat orang tersebut pribadinya bagaimana terlihat dari kamar mandi,โ€ ujarnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Aku termasuk anak yang suka banget di rumah. Ketika punya rumah sendiri kebahagiaan aku adalah bisa menata setiap sudut rumah ๐Ÿ’› dan salah satu tantangan aku membuat dekorasi untuk kamar mandi menjadi nyaman dan menarik. Kenapa kamar mandi, karena ibuku pernah bilang ketika kamu bertamu ke rumah orang bisa dilihat orang tersebut pribadinya bagaimana terlihat dari kamar mandi. Ada yang pernah denger kata2 ini ga ? Akupun juga kaget, tapi kalo di pikir2 bener juga hahaha. Kadang ketika masuk ke rumah bagian depan kelihatan bersih dan rapih tapi pas masuk ke bagian paling dalam kok kurang bersih sehingga menjadi tidak nyaman. Home is where we should feel secure and comfortable Oiya dekorasi rak ini aku pesan dari @uwitan di jogja ! Beberapa prabotan rumahku memang kebanyak aku pesan di jogja. Selain harganya terjangkau barang2nya juga lucu. Hahahaa Semoga tips bunay kali ini bisa bermanfaat๐Ÿ’›๐Ÿ“Kimsoo jakarta

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tantri Namirah (@tantrinamirah) pada

#9 Home Corner

Pojok ruangan di dalam rumah lazim untuk digunakan penyimpanan tanaman hias. Ini cara untuk memanfaatkan area yang serba nanggung. Di sini, dapat kita lihat bagaimana @desifatmawati31 memanfaatkan pojok ruangan dengan aneka tanaman dan furnitur yang mendukung. Terdapat slim rack, Standing Rattan Pot, vas kaktus dan kursi bench. Dengan kata lain, kita bisa duduk menikmati tanaman di pojokan rumah sembari melihat jendela ke luar.

#10 Working Area

Ornamen yang tak kalah bagus untuk mempercantik ruang kerja adalah indoor plant. Ia bisa ditempatkan pada desk, samping meja ataupun di belakang dekat kursi. Di area dapur dan ruang kerjanya, @velufiah menempatkan beberapa koleksi indoor plant-nya di situ. Penempatan yang tepat bisa membuat ruang kerja pun lebih nyaman.

Lihat postingan ini di Instagram

Assalamualaikum… . Penampakan meja kerja yg segaris sama meja makan. Untuk area dinding meja makan yg masih kosong, sebenernya di kepala ini sudah banyak bgt pilihan mau di pasangin walldecor apa.kebanyakan malah.. saking banyaknya sampek galau mau yg mana dan akhirnya malah gak di eksekusi2 ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ . Salah satu tips ala saya utk menyiasati ruangan agar tampak luas adalah dgn penggunaan pintu2 kaca yg sengaja gak dipasangi gorden agar bisa memberi pantulan pada ruangan. . Met pagi buibu.. hepi jumuah mubarokโคโคโค Tap for detail๐Ÿค— . . #rumahachmad #rumahsederhana #rumahmungilku #rumahminimalis #rumahmodernminimalis #homeideas #homeinterior #designinterior #interior_design #dekorasiruangan #dekorasirumah #dekorasiruangmakan #ideruangan #ideruangmakan #iderumah #iderumahminimalis #idedekorasirumah #ruangtamumodern #ruangkeluarga #ruangkeluargaminimalis #idedekorasiruangmakan #istahome #inspirasiruangmakan #inspirasiruangan #inspirasidesainrumah #inspirasirumahidaman #inspirasirumah #dekorasiruangkerja #pojokfavorit

Sebuah kiriman dibagikan oleh Inspirasi rumah by Vera Lufia (@velufiah) pada

#11 Kitchen

Dengan aromanya yang seringkali khas, dapur memang kerap dibuka jendelanya atau dipasang exhaust fan dan cookerhood. Namun, tanaman bisa juga menjadi pilihan tambahan untuk melengkapi suansana dapur agar lebih nyaman. Seperti pada dapur milik @fitriasugiharto yang dirancang minimalis, tetapi dhiasi dengan indoor plant di beberapa tempat agar terlihat manis.

Lihat postingan ini di Instagram

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ู [ D A P U R ] Sebenernya bukan tipe orang yg bisa bikin caption menarik karena paling gabisa merangkai kata2. Punya dapur yg sesuai impian kita tuh bikin jadi seneng masak dan semangat rapihinnya, padahal saya bukan tipe orang yg pinter masak..hehe Btw, dapur ini designnya paling lama karena kepengen ergonomis, tepat posisi dan fungsi. Jugaaa design harus sesuai tema. Walopun ternyata saya salah pilih warna finishing kabinetnya krn klo sample material ukuran kecil dan saat dalam ukuran besar kadang beda sedikit warnanya. Tapi tak apa, tak ada yg sempurna..disyukuri saja ๐Ÿ˜Š Masyaa Allah Tabarakallah..Selamat Hari Jumat..๐Ÿ˜‡ #homedecor #scandinavianstyle #dapurminimalis #pinterestinspired #kitchen #scandinavianhome #nordicroom #kitchendesignideas

Sebuah kiriman dibagikan oleh Olive | ia (@fitriasugiharto) pada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *