Ukuran Tempat Tidur

Sebelum Beli, Yuk Pahami Ukuran Tempat Tidur

Sebelum Beli, Yuk Pahami Ukuran Tempat Tidur – Furnitur apa yang berhubungan erat dengan kamar tidur? Ya tentu saja tempat tidur. Tempat tidur atau biasa dikenal orang awam dengan nama dipan. Benda yang satu ini menjadi elemen wajib yang ada di kamar tidur. Eitss… furnitur yang satu ini bukan hanya sebagai aksesoris untuk memperindah kamar tidur lho, tapi tempat tidur punya kegunaan yang penting antara lain menjaga kasur agar selalu awet dan menghangatkan tempat tidur. Lho kok bisa menghangatkan? Jadi tempat tidur kan digunakan untuk menyangga kasur, kasur yang hanya diletakkan di lantai saja pasti akan terasa dingin karena kontak langsung dengan lantai, jika kasur dilengkapi dengan tempat tidur pasti akan terasa lebih hangat.

Memahami Ukuran Tempat Tidur

Buat kamu yang akan membeli tempat tidur, meskipun terlihat sepele kamu juga perlu tau lho ukuran bedframe yang dijual di pasaran. Karena pemilihan tempat tidur juga berkenaan dengan luas ruangan lho. Pengetahuan ini harus jadi basic skill buat kamu supaya jadi pembeli yang cerdas. Ukuran tempat tidur yang dijual dipasaran biasanya populer dengan nama ukuran King, Queen, dan Single, tapi untuk detail ukuran dari masing-masing nama baru sedikit yang tau.  Jadi, tanpa berlama-lama lagi yuk kita bahas ukuran tempat tidur yang biasanya ada di pasaran.

1. Ukuran single size  90 cm x 200 cm

Ukuran single size  90 cm x 200 cm
Ukuran single size  90 cm x 200 cm

Nah ukuran tempat tidur ini populer untuk kalangan anak kost, karena kebanyakan kost atau asrama menggunakan tempat tidur dengan ukuran ini. Tempat tidur yang satu ini hanya bisa menampung satu orang. Tapi sekarang bed ini bisa dimodifikasi menjadi bertingkat dengan satu bed yang bisa dimasukkan ke dalam. Selain untuk kost dan asrama bed single ini biasanya dipakai untuk kamar anak. Selain untuk kamar anak, tempat tidur single biasanya digunakan untuk kamar tidur dengan ukuran kecil supaya kamar tidak terlalu sempit.

2. Double size dengan ukuran 120 cm x 200 cm

Ukuran single size  90 cm x 200 cm
Ukuran single size  90 cm x 200 cm

Double bed ini populer di hotel dengan nama twin bed atau super single karena ukuran dari bed ini lebih lebar 20cm dari ukuran single. Meskipun lebih lebar tapi jika dipakai untuk tidur berdua juga masih terlalu sempit. Ukuran ini ideal untuk dipakai sendiri seperti bed dengan ukuran single. Tipe bed ini juga direkomendasikan untuk kamar anak, kost dan asrama. Ukuran seperti ini juga bisa dibuat bertingkat untuk menghemat ruang.

3. Queen size yang berukuran 160 cm x 200 cm

Ukuran Tempat Tidur Queen size yang berukuran 160 cm x 200 cm
Queen size yang berukuran 160 cm x 200 cm

Nah untuk ukuran yang ini bisa dipakai untuk berdua. Kalau untuk berdua masih tidak terlalu sempit maupun luas. Tempat tidur dengan ukuran queen biasa ditemukan di setiap rumah. Meskipun ukurannya cukup besar tapi tempat tidur ini tidak dipakai di master bedroom (kamr tidur utama). Tempat tidur ini lebih sering ditemui di kamar untuk tamu.

4. King Size ukuran 180 cm x 200 cm

King Size ukuran 180 cm x 200 cm
King Size ukuran 180 cm x 200 cm

Ukuran ini ideal untuk dipakai dua orang. Di hotel, tempat tidur ini punya nama ukuran King Size. Kalau queen size tidak dipakai untuk master bedroom, oleh karena itu bed dengan ukuran king size biasanya dipakai untuk master bedroom (kamar tidur utama).

5. Super King Size ukuran 200 cm x 200 cm

DSC03219 Artikel, Furniture
Super King Size ukuran 200 cm x 200 cm

Nah untuk ukuran yang satu ini adalah ukuran terbesar dari tempat tidur yang dijual di pasaran. Sebenarnya masih ada ukuran yang lebih besar lagi tapi tentu saja harus custom di furniture store. Tempat tidur dengan ukuran super king size bisa dipakai untuk master bedroom (kamar tidur utama) yang cukup untuk 2 orang, bahkan bisa lagi untuk 1 bayi atau balita. Kalau di hotel, bedframe ini digunakan untuk kamar tipe family room karena mengingat family room punya kapasitas yang lebih banyak.

Dengan kamu paham tentang ukuran tempat tidur, kamu tidak akan bingung lagi ketika akan menginap di hotel. Selain itu ketika kamu akan beli bedframe untuk hunian, kamu bisa tahu persis mana tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhanmu dan juga luas ruanganmu. Karena ukuran tempat tidur yang tidak tepat akan membuat kamar tidur jadi terasa sempit dari ukuran aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *