kamar tidur minimalis

5 Cara Memaksimalkan Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Lega

Di tengah keterbatasan ruang, kreativitas seringkali muncul untuk memaksimalkan kamar tidur minimalis agar terlihat roomy.

Sebagian besar orang bertanya, apa sih definisi kamar tidur minimalis? Berapa batasan ukuran ruang yang menyebutkan sebagai kamar minimalis? Menurut beberapa artikel, umumnya kamar minimalis itu berukuran di bawah 3 x 3 meter atau maksimal sekitar 3 x 4 meter. Dengan ukuran sebesar itu, kamar kerap terlihat sempit atau hanya cukup memuat furniture yang diinginkan.

Meskipun demikian, agar tidak terlihat sempit, tak sedikit banyak orang berusaha menyiasati dekorasi kamar, memfokuskan fungsi ruang dan penempatan furniturenya secara proporsional. Dengan cara-cara kreativitas ini, maka kamar tidur minimalis yang awalnya terlihat sempit menjadi lebih lega.

kamar tidur minimalis
Kamar Tidur Minimalis ala Uwitan

Lalu, bagaimana agar kamar tidur minimalis tetapi tidak terasa sempit? Inilah 5 cara memaksimalkan kamar tidur minimalis.

#1 Bedroom Essentials Only

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam maksimalisasi kamar tidur minimalis adalah bedroom essentials only. Ada baiknya, di tengah keterbatasan ruang, kamar tidak dicampur dengan fungsi lain seperti tempat bekerja. Kamar cukuplah difungsikan sebagai tempat tidur dan berdandan, sehingga ruang pun akan terlihat lebih lega.

Kamar yang luasnya < 3×4 meter, tetapi dipaksakan untuk memuat terlalu banyak fungsi di dalam kamar tidur minimalis, sehingga yang sebenarnya mungkin cukup luas, tiba-tiba menjadi sempit karena terlalu dipaksakan. Contohnya, karena work from home (WFH), area kerja pun bergeser ke kamar. Semestinya, kamar tidur akan terasa luas bila kamu tidak memaksakan masuk banyak peralatan kerja kantor ke dalam kamar.

Oleh karena itu, bagi pasangan muda-mudi, ketika ingin memiliki kamar tidur minimalis yang terlihat roomy, maka kita pun jauh lebih betah atau menikmati suasana di dalam kamar.

#2 Pilih Ukuran Furniture yang Lebih Kecil di Kamar Tidur Minimalis

Dengan keterbatasan ruang, salah satu yang harus kita perhatikan adalah penggunaan furniture di kamar tidur minimalihs adalah perabotan berukuran yang lebih kecil. Kini, ada banyak pilihan furniture yang berukuran lebih kecil seperti lemari pakaian ataupun kasur.

Harumi Wardrobe + Drawer bisa menjadi alternatif untuk menyimpan pakaian di kamar tidur minimalis. Lemari ini sangat cocok ditempatkan di kamar yang tidak begitu besar. Dengan dimensi yang relatif lebih kecil, lemara ini memiliki tiga rak dengan dua penutup dan laci dengan pintu sliding dibawahnya serta area penyimpanan di bagian bawahnya.

Harumi Wardrobe + Drawer Uwitan

Lemari ini pun cocok untuk menyimpan berbagai pakaian pasangan muda-mudi yang memiliki kamar tidur minimalis. Dengan lemari ini, maka kita pun tidak perlu khawatir akan memakan ruang yang banyak.

#3 Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi bisa menjadi obat untuk keterbatasan ruang pada kamar. Kita mesti smart dalam memilih furniture yang benar-benar bisa untuk memiliki double-function atau lebih. Tujuannya kamar tidur minimalis pun menjadi lebih efisien.

Alana Dressing Table S adalah meja rias multifungsi yang dapat dibuka-tutup sesuai kepentingan penggunaan. Ketika ingin berdandan, Alana Dressing Table S ini bisa dibuka penutupnya dan seketika menjadi meja rias yang cantik. Lalu, bila kita tutup kembali, maka ia terlihat menyerupai meja kerja mungil di kamar.

Alana Dressing Table S Uwitan

Bagi pengantin baru yang memiliki kamar tidur minimalis, furniture multifungsi itu sangat penting sehingga lebih efisien. Selain meja rias, kita juga bisa menggunakan furniture multifungsi lainnya seperti rak dinding, gantungan pakaian kayu, ranjang kasur, dan lainnya.

#4 Hidden Storage

Penggunaan tempat penyimpanan atau storage di dalam kamar yang efektif bisa menciptakan ruang lebih lega. Contohnya, kamu bisa menggunakan kasur yang di bawahnya memiliki drawer untuk dijadikan tempat storage.

Alana Bed 3 Drawer 160 dikenal memiliki tiga laci luas dibawah tempat tidur untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya tanpa khawatir merusak ruang lantaimu yang berharga. Adanya furniture seperti ranjang kasur ini dapat dijadikan sebagai extra storage yang tersembunyi. Ranjang ini dapat dialokasikan untuk menyimpan aneka barang yang masih dipakai atau sudah jarang dikenakan.

Alana Bed 3 Drawer 160

#5 Pencahayaan yang Lebih Terang

Cara terakhir agar kamar lebih terasa luas adalah dengan menggunakan warna-warna tembok yang cerah atau kalem. Warna yang cerah dan furniture berwarna alami merupakan sebuah kombinasi yang tepat.

Selain warna furniture yang lebih cerah, untuk menciptakan pencahayaan yang lebih baik umumnya disiasati dengan penggunaan warna cat dan penggunaan jendela kaca agar bisa memudahkan cahaya matahari masuk pada kamar tidur minimalis. Dengan demikian, kamar pun lebih lebih terang dan nyaman untuk ditnggali.

kamar tidur minimalis
Tobong Lamp Uwitan

Adanya kelima tips di atas ini diharapkan dapat membuat kamar memberi inspirasi bagi #TemanUwitan agar kamar tidur minimalis yang dimilikinya dapat digunakan lebih efisien dan efektif. Dengan demikian, kamar tidur pun menjadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *